Monday, 22 December 2014

Peran Dan Fungsi Bidan

Latar belakang

Dalam dewasa terakhir ini angka kematian ibu dan bayi di desa semakin meningkat. Meningkatnya angka kematian ibu dan bayi didesa disebabkan karena kurangnya pengetahun masyarakat desa tentang pentingnya menjaga kesehatan.  Upayah yang dilakukan untuk mengurangi peningkatan kematian ibu dan bayi adalah dengan menempatkan bidan disetiap desa.
Penempatan bidan disetiap desa diharapkan dapat menurunkan angka kematian ibu dan bayi pada saat proses persalinan, memberikan wawasan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan penelitian terapan dalam bidang kesehatan sesuai dengan peran dan fungsi bidan.

B. Rumusan Masalah
1. Apa peran dan fungsi bidan sebagai pelaksana?
2. Apa peran dan fungsi bidan sebagai pengelola?
3. Apa peran dan fungsi bidan sebagai pendidik?
4. Apa peran dan fungsi bidan sebagai peneliti?
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui tentang peran dan fungsi bidan sebagai pelaksana.
2. Untuk mengetahui tentang peran dan fungsi bidan sebagai pengelola.
3. Untuk mengetahui tentang peran dan fungsi bidan sebagai pendidik.
4. Untuk mengetahui tenteang peran dan fungsi bidan sebagai peneliti.
D. Manfaat
1. Memberikan wawasan kepada pembaca tentang peran dan fungsi bidan sebagai pelakana.
2. Memberikan wawasan kepada pembaca tentang peran dan fungsi bidan sebagai pengelola.
3. Memberikan wawasan kepada pembaca tentang peran dan fungsi bidan sebagai pendidik.
4.  Memberikan wawasan kepada pembaca tentang peran dan fungsi bidan sebagai peneliti.

A. Dasar Teori

Bidan adalah seorang  perempuan yang telah lulus pendidikan kebidan yang diakui oleh pemerintah. Seorang bidan dalam menjalankan prakteknya mempunyai peran dan fungsi yaitu sebagai pelaksana, pengelola, pendidik dak peneliti.
1. Peran bidan sebagai pelaksana :

a. Menetapkan manajemen kebidanan pada setiap asuhan kebidanan
b. Memberikan pelayanan dasar pada anak, remaja dan wanita pra nikah dengan melibatkan klien
c. Memberikan asuhan kebidanan kepada klien selama hamil normal
d. Memberikan asuhan kebidanan kepada klien dalam masa persalinan dengan melibatkan keluarga
e. Menentukan asuhan kebidanan pada bayi baru lahir
f. Memberikan asuhan kebidanan pada klien dalam masa nifas dengan melibatkan klien atau keluarga
g. Memberikan asuhan kebidanan pada wanita usia subur yang membutuhkan pelayanan KB
h. Memberikan asuhan kebidanan pada wanita gangguan sistem reproduksi dan wanita dalam masa klimakterium dan menopause
i. Memberikan asuhan kebidanan pada bayi, nalita dengan melibatkan keluarga

2. Peran bidan sebagai pengelola

* Mengembangkan pelayanan dasar terutana pelayanan kebidanan individu, keluarga, kelompok khusus dan masyarakat di wilayah kerjanya dengan melibatkan masyarakat.
* Berpartisipasi dalam tim untuk melaksanakan program kesehatan dan sektor lain di wilayah kerjanya melalui peningkatan kemampuan dukun bayi dan kader kesehatan

3. Peran bidan sebagai pendidik

* Menberikan pendidikan dan penyuluhan kesehatan kepada individu dan masyarakat tentang penanggulangan masalah kesehatan, khususnya yang berhubungan dengan pihak terkait kesehatan ibu, anak dan KB
* Melihat dan membimbing kader termasuk siswa bidan dan keperawatan serta membina dukun diwilayah atau tempat kerjanya.
4. Peran bidan sebagai penelitiMelakukan investigasi atau penelitian terapan dalam bidang kesehatan.

B. Pembahasan

Bidan adalah seorang  perempuan yang telah lulus pendidikan kebidan serta telah  diakui oleh pemerintah dan mendapatkan izin praktek. Seorang bidan yang sudah buka praktek diharapkan dapat memberikan penyuluhan, membantu proses persalinan serta dapat memberikan pengertian kepada masyarakat tentang pentingny menjaga kesehatan dan dapat menerapkan sebagaimana peran dan fungsi bidan dalam masyarakat yaitu sebagai pelaksana, pengelola, pendidik dan peneliti.
Menurut bidan senior sebagai nara sumber yang telah bersedia memberikan keterangan tentang peran dan fungsi bidan dalam lingkungan masyarakat, bahwa peran dan fungsi seorang bidan sebagai pelaksana yaitu seorang bidan dalam menjalankan tugasnya dengan menyusun rencan tindakan masalah yang dihadapi kemudian melakukan rencana yang telah disusun. Membuat rencana tindakan lanjutan setelah mengevaluasi tindakan yang  diberikan kepada klien serta melakukan pencatatan dan pelaporan dalam setiap kegiatan.
Peran dan fungsi bidan sebagai pengelola yaitu seorang bidan mengembangkan pelayanannyan kepada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat diwilayah dimana bidan itu ditempatkan yang melibatkan masyarakat serta ikut berpartisipasi melaksanakan program kesehatan dan meningkatkan kemampuan dukun bayi dalam wilayah kerja bidan.
Peran dan fungsi bidan sebagai pendidik yaitu seorang bidan dalam menjalankan tugasnya dapat memberikan penyuluhan kesehatan didaerah bidan itu bekerja yang  melibatkan individu, keluarga, masyarakat desa tentang penanggulangan masalah kesehatan ibu dan anak serta penyuluhan KB. Disamping itu peranan bidan sebagai pendidik dapat dilakukan dengan melatih kader PKK termasuk melatih para mahasiswa bidan serta membimbing dukun bayi.
Peran dan fungsi bidan sebagai peneliti yaitu seorang bidan dalam menjalankan tugasnya tidak hanya membantu proses persalinan tetapi seorang bidan diharapkan bisa meneliti tentng kelinan-kelainan yang timbul pada kehamilan atau pada proses persalinan, setelah diteliti kelainan-kelainan yang timbul pada klien hendaknya seorang bidan melakukan pencatatan dan pelaporan  serta melakukan tindakan evaluasi selanjutnya atau segera merujuknya kedokter.
Fungsi dan peran bidan hendaknya selalu diterapkan oleh seorang bidan yang professional agar terciptanya pelayanan kesehatan yang bermutu tinggi, dapat menanggulangi terjadinya kematian ibu dan anak pada proses persalinan serta bisa memberikan pengetaahuan kepada masyarakat agar masyarakat bisa menerapkan pola hidup sehat.
Masyarakat yang tidak mengetahui pentingnya peranan bidan sering kali menyepelekan dan tidak menjalankan apa yang diberitahukan kepada mereka. Agar seorang bidan dapat diterima oleh masyarakt, seorang bidan harus bisa melakukan pendekatan terhadap tokoh-tokoh masyarakat, memahami adat istiadat dan budaya masyarakat setempat serta bersikap ramah terhadap semua orang.
Seorang bidan yang sudah diterima dalam lingkungan masyarakat hendaknya tetap dapat memberikan pelayanan yang baik agar masyarakat merasa nyaman dan selalu mau menjaga kesehatan diri untuk menciptakan masyarakat yang sehat.

A. Simpulan

Dalam menjalankan tugasnya seorang bidan berperan untuk meningktkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama dalm pelayanan KB, KIA dan kegawat daruratan sesuai dengan wewenang bidan serta menurunkan angka kematian ibu dan janin.
Seorang bidan mempunyai peran dan fungsi sebagai pelaksana, pengelola, pendidik dan peneliti. Sebagai pelaksana seorang bidan mempunyai tugas memberikan pelayanan kepada anak, remaja, dan wanita pra nikah. Sebagai pengelola seorang bidan memberikan pelayanan kepada masyarakat serta meningkatkan kemampuan dukun bayi. Sebagai pendidik seorang bidan dapat memberikan pendidikan dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat serta membimbing kader dan siswa bidan diwilayah kerjanya. Sebagai peneliti seorang bidan dapat melakukan penelitian dalam bidang kesehatan.

B. Saran

1. Menghimbau para Bidan agar menjalankan perananya sebagai Bidan
2. Menghimbau para ibu hamil untuk memeriksakan kehamilannya secara rutin
3. Menghimbau kepada masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatannya

pencarian yang hadir:

laporan pendahuluan colic abdomen,peran bidan pada bayi sehat,praktik dokumentasi kasus kebidanan patologi,contoh kasus sporadik,makalah peritonitis,askeb kjdr,savlon adalah,makalah obstipasi,fungsi mikropipet,makalah tentang perbeden,contoh kasus patologi kebidanan,contoh dokumentasi soapied,pengertian vomiting,latar belakang kolik abdomen,contoh askeb nifas patologis,makalah peran bidan pada bayi sehat,askep kjdr,SOAP diare,contoh makalah klimakterium,makalah peran dan fungsi bidan,makalah kompetensi bidan,contoh SOAPIED,fungsi Bidan,contoh peran bidan sebagai peneliti,judul kti kebidanan tahun 2000,contoh soap pada ibu hamil,pengertian diagnosa potensial,fungsi dexamethason,peran dan fungsi bidan,peranan statistika dalam bidang kebidanan,contoh kasus patologi,makalah biostatistik kebidanan,contoh laporan studi kasus kebidanan,contoh soap klimakterium,fungsi askep,contoh dari peran serta seorang bidan dalam melakukan penelitian,contoh askeb endometritis,makalah osteomalacia,contoh laporan pkmd kebidanan,makalah perawatan bedah kebidanan,pengertian peritonitis,soapied dokumentasi kebidanan,contoh peran bidan sebagai pengelola,contoh askeb kjdr,makalah obstipasi pada bayi,asuhan kebidanan kanker payudara,tujuan dan peran bidan komunitas,contoh kasus peran bidan sebagai peneliti,askeb kelainan pada ovarium,soap bayi besar,contoh peran bidan sebagai pelaksana,peranan statistik dalam kebidanan,peran bidan pada wanita pekerja,makalah tentang obstipasi,contoh KTI INC,contoh kasus malpraktek dalam kebidanan,soap anc trimester 3,judul kti tahun 2000,pengertian INC,kerjasama bidan dengan masyarakat,pengertian intervensi dalam kebidanan,perbedaan peran dan fungsi bidan,contoh soap anc trimester 3,pengertian kjdr,makalah kompetensi kebidanan,peran bidan sebagai promotor,makalah metode penelitian kebidanan,soap patologi kebidanan,soapied dalam dokumentasi kebidanan,contoh makalah peritonitis,macam-macam judul kti kebidanan,judul kti 2012 tentang kebidanan,penyebab hipoalbuminemia,contoh kasus flour albus,soal kasus kebidanan,perbedaan peran dan fungsi bidan beserta contohnya,contoh peran dan fungsi bidan,pertanyaan tentang peran dan fungsi bidan,makalah peran fungsi bidan,jelaskan peran Bidan,perbedaan fungsi dan peran bidan,contoh kasus bidan sebagai pengelola,perbedaan antara peraN dan fungSi bidan,peran dan fungsi bidan di komunitas,pertanyaan peran dan fungsi bidan,pertanyaan untuk bidan tentang kesehatan lingkungan,peran bidan,bidan sebagai pengelola,perbedaan peran dan fungsi bidan dan contohnya,contoh soal tentang peran dan fungsi bidan,contoh perbedaan peran dan fungsi bidan,contoh bidan sebagai pengelola,contoh kasus peran bidan sebagai pengelola,makalah peran bidan dalam masyarakat,pertanyaan tentang peran bidan,peran bidan fungsi dan tanggung jawab bidan,makalah peran bidan sebagai pendidik,peran dan fungsi bidan sebagai peneliti,Contoh kasus bidan sebagai peneliti,peran bidan di dalam komunitas,contoh makalah peran fungsi bidan,contoh bidan sebagai pendidik,pertanyaan peran bidan sebagai pelaksana,artikel peran dan fungsi bidan,peran bidan dalam lingkungan masayarakat,artikel tugas bidan,peran fungi vidan,jelaskan peran dan fungsi bidan,pertanyaan tentang peran fungsi kompetensi bidan?,contoh SOAP peran bidan sebagai pengelola,MAKALAH fungsi dan peranbidan,fungsi bidan dalam pelayanan kebidanan,fungsi bidan adalah ?,Makalah fungsi bidan,peranan bidan,latar belakang peran dan fungsi bidan,wawasan seorang bidan,FUNGSI BIDAN DIKOMUNITAS,makalah peran bidan,pertanyaAn peran dan fungsi bidan sebagai pengelola,Jelaskan fungsi dan tujuan Bidan,macam-macam peran bidan,tujuan makalah bidan,peran bidan obstipasi,pertanyaan peran bidan,peran seorang bidan,Kesimpulan peran dan fungsi bidan,fungsi dan peran Bidan,pernan dan fungsi bidan,pertanyaan untuk peran dan fungsi bidan,contoh peran bidan,contoh peran dan fungsi bidan sebagai pendidik,sebutkan wewenan bidan dan jelaskan,Contoh kasus peran bidan sebagai pelaksana,sebutkan dan jelaskan fungsi bidan,ringkasan tentang bidan,peran bidan dalam menangani obstipasi,peran bidan sebagai peneliti,jelaskan kesehatan ibu dan anak beserta contohnya,peran bidan dalam komunitas dan penjelasanya,contoh pertanyaan bidan sebagai pelaksana,soal peran dan fungsi bidan,Soal pertanyaan peran dan fungsi bidan,contoh soal kasus yang berhubungan dengan tanggung jawab bidan,apa perbedaan peran dan fungsi bidan,peran dan fungsi sebagai peneliti,contoh kasus peran bidan pendidik,soal tentang peran dan fungsi kebidanan,contoh soal peran dan fungsi bidan,makalah tentang peran dan fungsi bidan,peran bidan sebagai pengawas terhadap bayi,Peran bidan sebagai pengawas pada bayi,peran bidan sebagai peniliti,peranan dan fungsi bidan dalam masyarakat,peranan bidan adalah,peran statistika dalam kebidanan,peran bidan sebagai pengawasan bayi,peran bidan dengan lingkungan,peranan statistik dalam bidang kebidanan,peran bidan di komunitas,peran bidan dikomunitas dalam pelayanan kontrasepsi,peran bidan menangani obstipasi,Perbedaan bidan pelaksana dengan bidan desa,peran fungsi bidan dalam keluarga sehat,perbedaan antara fungsi dan peran bidan sebagai pelaksana,www sebutkan pelayanan bagi masyarakat?,Jelaskan tentang peran dan fungsi bidan,peran bidan sebagai pengawas,Peran bidan Sebagai pengawas bayi,peran statistik dalam ilmu kebidanan,peran bidan terhadap angka kematian,www Apa semua peran bidan sebagai pengawas,peran dan fungsi bidan sebagai pelaksana,www apa yang dimaksud patologi berikan contohnya?,peran dan fungsi bidan sebagai pendidik,peran dan fungsi bidan sebagai pengelola,peran dan fungsi bidan untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak,peran kebidanan,peran dan fungsi kebidanan,peran fungsi bidan sebagai peneliti,www bagaimana peranan statistik,Www peran bidan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya bagi para ibu hamil com,peran dan fungsi seorang bidan,PERAN DAN PUNGSI BIDAN,peran dan fungsi bidan di masyarakat,pertanyaan tentang peran dari seorang bidann,peran dan bidan sebagai pengawasan terhadap bayi sehat,www sebutkan dan jelaskan peran bidan sebagai pengawas,www peran dan fungsi bidan,peran dan fungsi bidan dan berikan contohnya,peran dan fungsi bidan berikut contoh,www peran bidan sebagai pengawas,peran dan fungsi bidan beserta contohnya,tuliskan dan jelaskan peran bidan dalam komunitas,peran dan fungsi bidan contoh peran dan fungsi plaksana,peran dan fungsi bidan dalam keluarga sehat,peran serta bidan dalam mengatasi masalah persalinan,Peran seorang bidan beserta contoh,peran dan fungsi bidan dan contoh nya,peran dan funsi bidan

Response on "Peran Dan Fungsi Bidan"